Tugas 3 Struktur & Fungsi Komputer Oleh Fajri 2103015124
Organisasi dan Arsitektur Komputer
Struktur & Fungsi Komputer.
A. Definisi Organisasi dan Arsitektur Komputer
Organisasi komputer berkaitan dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural Misalnya seperti Control signals, interfaces, dan memory technology. Arsitektur computer berkaitan dengan atribut – atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. (William Stalling) Misalnya Set Instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk penyajian data, mekanisme I/O, teknik pengalamantan (addressing techniques).
B. Perbedaan Organisasi dan Arsitektur
Ilustrasi, perbedaan antara arsitektur dan organisasi, pabrik komputer menawarkan sekelompok model komputer, yang semuanya memiliki arsitektur yang sama tetapi dengan organisasi yang berbeda. Akibatnya, model – model yang berbeda akan memiliki harga dan karakteristik kinerja yang berbeda. Selain itu arsitektur dapat bertahan selama bertahun – tahun dan meliputi sejumlah model komputer yang berbeda, namun organisasinya dapat berubah – ubah sesuai seiring dengan perkembangan teknologi.
Apa itu Komputer…
Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Definisi komputer berdasar struktur dan fungsinya yaitu sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Semua komputer memiliki 4 fungsi:
1. Pengolahan data - Data processing
2. Penyimpanan data - Data storage
3. Pemindahan data - Data movement
4. Kendali – Control
Struktur dan fungsi Operasi Komputer
fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard, mouse, Flashdisk.
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.
8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
Evolusi Komputer
GENERASI PERTAMA (1941)
- Pemicu Perang Dunia II.
- Penggunaan Vacum Tube & instruksi menggunakan bahasa mesin.
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) : 18000 tabung, 30 ton.
GENERASI KEDUA (1948)
- Menggunakan Transistor (IBM 1401).
- Sudah memiliki SO , program , media penyimpan (disket).
- Munculnya COBOL , FORTRAN.
- Software house, programmer, analyst.
- Pemanfaatan pada skala industri.
GENERASI KETIGA (1958)
- penggunaan IC (Integrated Circuit).
- mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan.
- silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.
- munculnya chip semikonduktor : gabungan banyak IC dalam 1 chip yang dapat diprogram sesui dengan kebutuhan.
GENERASI KEEMPAT (1980)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
- Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
- Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
- Mikroprosesor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
- Munculnya PC.
GENERASI KELIMA
- Sudah tidak berorientasi pada kecepatan atau ukuran fisik, namun lebih menonjolkan performance Artificial Intelegence
- Patern recognation, bioinformatika
Komentar
Posting Komentar